Insomnia dan Cara Mengatasinya

Insomnia dan Cara Mengatasinya – Tiga gejala yang perlu anda perhatikan dari adanya insomnia yakni  sulitnya untuk tertidur, sering terbangun di tengah malam, dan yang terakhir biasanya kondisi tubuh ingin cepat terbangun dari yang diinginkan. Apakah anda termasuk dari salah satu tiga gangguan tersebut? Sebaiknya berikan kualitas lebih terhadap pola tidur anda, dengan mempertahankan waktu tidur yang baik.
Insomnia cenderung disebabkan oleh permasalahan psikologis maupun penyakit lain. Penderita biasanya akan menggunakan obat tidur atau zat penenang untuk dapat beristirahat selayaknya orang normal. Namun, jika obat tersebut selalu saja dikonsumsi tentunya tidak akan baik untuk kesehatan yang menimbulkan ketergantungan psikologis. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia ini antara lain.

Insomnia dan Cara Mengatasinya

1. Ciptakan Kondisi Tidur yang Nyaman

Sebaiknya jika anda tidur matikanlah lampu, supaya otak anda dapat beristirahat total. Kemudian, anda harus mematikan sesuatu atau hal lain yang menimbulkan suara. Apabila ada AC atau kipas angin di kamar anda,  pastikan tidak terlalu dingin dan buatlah suhu ruangan tidur di dalamnya dengan senyaman mungkin. Hal yang biasanya sepele namun mengkhawatirkan yakni, jam meja yang terlalu dekat dengan pandangan mata anda, dikarenakan akan membuat anda merasa cemas sebab belum bisa terlelap dalam tidur.

2. Hindari Mengonsumsi Makanan Menjelang Tidur

Menghindari konsumsi makanan, terutama dalam jumlah porsi yang banyak akan menyebabkan perut tidak akan nyaman. Ketika anda makan tentu butuh minum, apalagi makanan berserat yang mengharuskan minum berlebih. Hal ini dapat memicu untuk membuang air kecil, sehingga akan sering ke tolilet. Masalah inilah yang sering terjadi.

3. Jauhkan TV, Ponsel , dan Buku

Walaupun anda  selalu membutuhkan TV, ponsel dan buku untuk kebutuhan, sebaiknya disaat akan tidur jauhkanlah sejenak. Hal ini bertujuan agar anda dapat menyesuaikan diri atau beradaptasi lebih cepat untuk segera tertidur. Dengan kata lain anda akan konsentrasi dalam tidurnya dan terlelap karena tidak ada rangsangan atau gangguan lain.

4. Melakukan Olahraga Teratur

Kegiatan olahraga baiknya dilakukan pada pagi hari, bukanlah sore hari atau beberapa menit menjelang tidur. Selain itu, manfaat olahraga bagi kesehatan sangatlah banyak, tubuh anda akan terasa fres kembali sehingga terhindar dari kemungkinan stres. Berolahraga dengan teratur mampu menagtasi masalah gangguan tidur.

5. Lakukan Relaksasi Rutin

Anda dapat melakukan relaksasi secara rutin dengan menggunakan teknik yang benar, seperti membuat diri anda di alam bawah sadar dengan menjaga keseimbangan otak agar relaks dan meditasi, sehingga ketika tidur akan memudahkan untuk  segera terlelap. Selain itu, anda bisa mendengarkan musik dan melatih pernapasan untuk membuat tubuh lebih santai, keadaan ini tidak akan mempersulit untuk tidur.

6. Mengurangi  Minuman Berstimulan

Beberapa minuman yang mampu merangsang sulit tertidur dalam waktu cepat, seperti minuman kopi, teh, alkohol bahkan rokok. Anda tidak akan memerlukan minuman tersebut jika akan tidur . Sebaiknya anda meminum susu dan makanlah buah pisang, karena keduanya mengandung zat yang dapat melelapkan tidur anda.
Itulah tentang masalah insomnia dan cara mengatasinya. Setidaknya lakukan sesuatu hal yang dapat menjernihkan pikiran anda. Sementara itu, tidur dan bangunlah pada periode waktu yang teratur dalam setiap harinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar